Administrasi

Administrasi

I. Pendahuluan

Administrasi sebagai ilmu baru muncul pada pertengahan abad ke-19. Frederik Taylor (1856) di kenal sebagai pelopor timbulnya ilmu administrasi dia juga dikenal sebagai bapak gerakan manajemen berdasarkan ilmu pengetahuan.

II. Pengertian Administrasi

Administrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Dep. Diknas balai pustaka edisi 3 tahun 2000 adalah:

1. Usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan dan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi.

2. Usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan.

3. Kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan.

4. Kegiatan kantor dan dan sebagaian besar usaha.

Kata administrasi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad dan ministrate. kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa Inggeris yang berarti ke atau kepada. sedangkan kata ministratie berarti melayani, membantu atau mengarahkan. dalam bahasa Inggeris to administrate berarti pula mengatur, memelihara. (to look after dan mengarahkan).

Jadi administrasi dapat diartikan sebagai : usaha kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai tujuan. Menurut Good Carter V, administrasi adalah segenap teknik dan prosedur yang dipergunakan dalam penyelenggaraan lembaga sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan.

Menurut pendapat Carter anministrasi yaitu suatu proses yang berkaitan dengan penciptaan, pemeliharaan, stimulasi dan penyatuan tenaga-tenaga dalam suatu lembaga guna merealisasikan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

III. Kegunaan/Fungsi Administrasi

Untuk mencapai tujuan yang sukses secara optimal, efektif dan efisien harus disertai dengan manajemen yang baik.

Manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Fungsi pokok administrasi adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan (evaluasi dan pembinaan).

Langkah-langkah dalam perencanaan meliputi:

1. Menentukan dan merumuskan tujuan yang hendak dicapai.

2. Meneliti masalah-masalah atau pekerjaan yang akan dilakukan.

3. Mengumpulakan data dan informasi yang diperlukan.

4. Merumuskan bagaimana masalah itu akan dipecahkan dan bagaimana pekerjaan iyu akan diselesaikan.

Menurut F. Terry fungsi-fungsi organisasi adalah pengorganisasian, yang merupakan salah satu fungsi daripada manajemen karena dengan pengorganisasian berarti memadukan seluruh sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

IV. Perangkat Administrasi

Perangkat administrasi dapat dibedakan menjadi 2 macam:

1. Perangkat lunak administrasi (Sofware conduct) yaitu suatu pemikiran atau konsep tau ide yang berasal dari pelaksanaan administrasi tersebut.

2. Perangkat keras Administrasi (hardware conduct) yaitu semua fasilitas yang digunakan dalam proses administrasi.

V. Kesimpulan

1. Administrasi adalah alat tentang kendali seorang pemimpin (leader) atau manajer untuk melaksanakan fungsi manajemen.

2. Unsur pokok dalam administrasi yaitu:

a. Adanya sekelompok manusia

b. Adanya tujuan yang hendak dicapai

c. Adanya tugas atau fungsi yang harus dilaksanaka.

d. Adanya perlengkapan yang diperlukan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: