Ajaran Islam tentang HAM

Islam telah menjamin HAM secara penuh sebagaimana termaktub dalam al-Qur’an dan Hadits dan dicantumkan dalam pernyataan HAM yang diumumkan oleh PBB pada tahun 1948.

Mahmood Tahir dalam bukunya Human Rights in Islamic Law, megemukakan bahwa seorang Guru Besar Ilmu Hukum di Eropa bernama Louis Henkin mengatakan bahwa Konsep HAM yang diagungkan di dunia Barat semuanya bersumber dari ajaran Islam yakni al-Qur’an dan Hadits 1400 tahun yang lalu. Louis lebih lanjut mengatakan bahwa sarjana Barat yang tidak mengenal tentang ajaran Islam, mengklaim bahwa HAM yang diagungkan dewasa ini semuanya dari konsep barat, sebenarnya hal intu sangatlah keliru dan tidak beralasan sama sekali.

HAM dalam Islam tidak bisa dicabut dan tidak ada wewenang yang diberikan oleh Allah kepada siapapun untuk mencabut hak-hak tersebut, bahkan kita harus mengakui dan melaksanakannya, bagi yang melanggar dengan alasan apapun Allah akan memberikan sangsi sebagaimana tersebut dalam surat al-Maidah ayat 44, 45 dan 47.

Islam telah meletakkan dasar yang fundamental untuk dihormati dan ditaati oleh ummat manusia dimuka bumi ini. Diantara hak tersebut adalah dasar manusia yang suci dan tidak boleh ditumpahkan tanpa dasar hukum yang kuat, tidak diperkenenkan menindas sesama manusia. Sebagian besar dari konsep Islam tentang hak asasi telah ditransformasi ke dalam berbagai perjanjian internasional maupun regional.

Setiap muslim harus dipandang sebagai hal yang memenuhi syarat untuk menduduki dan memegang tanggung jawab dalam suatu negara Islam tanpa ada perbedaan ras, suku, warna kulit, golongan dan kerabat keluarga.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: